top of page

Group

Public·20 members

Rppbahasalampungberkaraktersdkelas1619


RPP Bahasa Lampung Berkarakter SD Kelas 1-6




RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) adalah dokumen perencanaan pembelajaran yang disusun oleh guru untuk mengatur kegiatan belajar mengajar di kelas. RPP berisi tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian pembelajaran. RPP harus disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku, karakteristik siswa, dan kondisi sekolah.


DOWNLOAD: https://gohhs.com/2w3vj8


Bahasa Lampung adalah bahasa daerah yang digunakan oleh masyarakat Lampung di Provinsi Lampung dan sebagian Sumatera Selatan. Bahasa Lampung memiliki dua dialek utama, yaitu dialek Abung-Pepadun dan dialek Pesisir-Say Batin. Bahasa Lampung ditulis dengan menggunakan aksara Lampung, yang merupakan salah satu aksara tradisional di Indonesia.


Pembelajaran bahasa Lampung di sekolah dasar bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi menggunakan bahasa daerah, mengenal budaya Lampung, dan melestarikan warisan leluhur. Pembelajaran bahasa Lampung harus menggunakan pendekatan yang menarik, menyenangkan, dan bermakna bagi siswa. Salah satu cara untuk mencapai hal tersebut adalah dengan menggunakan RPP bahasa Lampung berkarakter.


Apa itu RPP bahasa Lampung berkarakter?




RPP bahasa Lampung berkarakter adalah RPP yang mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Lampung. Nilai-nilai karakter yang dimaksud adalah nilai-nilai moral, sosial, budaya, dan kewarganegaraan yang sesuai dengan visi dan misi sekolah, serta kearifan lokal masyarakat Lampung. Beberapa contoh nilai karakter yang dapat ditanamkan melalui pembelajaran bahasa Lampung adalah:



  • Menghargai keberagaman bahasa dan budaya



  • Menghormati orang tua, guru, dan sesama



  • Menjaga kebersihan lingkungan



  • Bekerja sama dalam kelompok



  • Berani mengemukakan pendapat



  • Berkreativitas dan berinovasi




RPP bahasa Lampung berkarakter harus memperhatikan kompetensi dasar (KD) dan indikator pencapaian kompetensi (IPK) yang telah ditetapkan oleh kurikulum. Selain itu, RPP bahasa Lampung berkarakter juga harus memilih materi, metode, media, sumber, dan penilaian yang relevan dengan tema pembelajaran dan karakter yang ingin dikembangkan.


Bagaimana contoh RPP bahasa Lampung berkarakter?




Berikut adalah salah satu contoh RPP bahasa Lampung berkarakter untuk kelas 1 SD:



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)


Satuan PendidikanSD Negeri 01 Bandar Lampung


Mata PelajaranBahasa Lampung


Kelas/SemesterI/1


Alokasi Waktu2 x 35 menit


Kompetensi Dasar (KD)3.1 Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative, descriptive, dan recount dalam konteks kehidupan sehari-hari.


4.1 Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative, descriptive, dan recount dalam konteks kehidupan sehari-hari.


Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)3.1.1 Menyebutkan nama-nama anggota keluarga dalam bahasa Lampung.4.1.1 Menyebutkan nama-nama anggota keluarga dalam bahasa Lampung.


3.1.2 Mendengarkan dan memahami cerita tentang keluarga dalam bahasa Lampung.4.1.2 Menceritakan kembali cerita tentang keluarga dalam bahasa Lampung.


Tujuan PembelajaranPada akhir pembelajaran, siswa dapat:


a. Menyebutkan nama-nama anggota keluarga dalam bahasa Lampung dengan benar dan lancar.b. Mendengarkan dan memahami cerita tentang keluarga dalam bahasa Lampung dengan tepat.


c. Menceritakan kembali cerita tentang keluarga dalam bahasa Lampung dengan jelas dan menarik.d. Menunjukkan sikap menghargai keberagaman bahasa dan budaya, serta menghormati orang tua, guru, dan sesama.


Materi PembelajaranNama-nama anggota keluarga dan cerita tentang keluarga dalam bahasa Lampung.


Metode PembelajaranCeramah, tanya jawab, diskusi, bermain peran, dan bercerita.


Media PembelajaranGambar anggota keluarga, kartu kata, buku cerita, dan alat peraga.


Sumber BelajarBuku teks pelajaran bahasa Lampung kelas 1 SD, kamus bahasa Lampung, internet, dan lingkungan sekitar.


Penilaian PembelajaranTeknik


LisanObservasi


Alat/Bentuk


Daftar cekRubrik


Langkah-Langkah Kegiatan PembelajaranKegiatan Pendahuluan (15 menit)


1. Guru menyapa siswa dan memeriksa kehadiran mereka.


2. Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi pembelajaran, misalnya:


- Apa nama bahasa daerah yang kalian gunakan di rumah?


- Siapa saja anggota keluarga kalian?


- Apa yang kalian lakukan bersama keluarga kalian?


3. Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaan dengan baik.


4. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, yaitu siswa dapat menyebutkan nama-nama anggota keluarga, mendengarkan dan memahami cerita, serta menceritakan kembali cerita tentang keluarga dalam bahasa Lampung.


5. Guru menjelaskan nilai-nilai karakter yang akan dikembangkan melalui pembelajaran, yaitu menghargai keberagaman bahasa dan budaya, serta menghormati orang tua, guru, dan sesama.


Kegiatan Inti (40 menit)Kegiatan 1 (10 menit)


1. Guru menampilkan gambar anggota keluarga di papan tulis atau media lainnya.


2. Guru meminta siswa untuk menyebutkan nama-nama anggota keluarga dalam bahasa Lampung, misalnya:


3. Guru memberikan pujian dan koreksi kepada siswa yang dapat menyebutkan nama-nama anggota keluarga dengan benar dan lancar.


4. Guru menunjukkan kartu kata yang berisi nama-nama anggota keluarga dalam bahasa Lampung dan meminta siswa untuk mengulanginya bersama-sama.


5. Guru membagikan kartu kata kepada siswa secara acak dan meminta siswa untuk berdiri dan mencari pasangan yang memiliki kartu kata yang sama.


6. Guru mengamati dan menilai kemampuan siswa dalam menyebutkan nama-nama anggota keluarga dalam bahasa Lampung dengan menggunakan daftar cek.


Kegiatan 2 (15 menit)


1. Guru menampilkan buku cerita yang berjudul "Keluarga Saya" dalam bahasa Lampung di depan kelas atau media lainnya.


2. Guru membacakan cerita tersebut dengan suara yang jelas dan ekspresif, sambil menunjukkan gambar-gambar yang ada di buku.


3. Guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa untuk memastikan bahwa mereka memahami isi cerita, misalnya:


- Siapa tokoh utama dalam cerita ini?


- Berapa jumlah anggota keluarga tokoh utama?


- Apa saja kegiatan yang dilakukan oleh tokoh utama bersama keluarganya?


4. Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaan dengan tepat.


5. Guru menanyakan kepada siswa apakah mereka menyukai cerita tersebut dan mengapa.


6. Guru mengamati dan menilai kemampuan siswa dalam mendengarkan dan memahami cerita tentang keluarga dalam bahasa Lampung dengan menggunakan rubrik.


Kegiatan 3 (15 menit)


1. Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok kecil, masing-masing terdiri dari 4-5 siswa.


2. Guru memberikan tugas kepada setiap kelompok untuk menceritakan kembali cerita tentang keluarga dalam bahasa Lampung dengan menggunakan alat peraga yang disediakan oleh guru atau dibuat oleh siswa sendiri.


3. Guru memberikan waktu 10 menit kepada setiap kelompok untuk berlatih menceritakan kembali cerita tersebut di depan anggota kelompoknya.


4. Guru meminta seti


  • About

    Welcome to the group! You can connect with other members, ge...

    Group Page: Groups_SingleGroup
    bottom of page